Pembangunan Bahu Jalan Sei Berombang Kecamatan Panai Hilir Jadi Bahan Perbincangan

Labuhanbatu, Banteng Metro.com.-Proyek penimbunan bahu jalan pada ruas jalan Sei Rakyat-Labuhanbilik-Sei Berombang Kecamatan Panai Hilir Kabupaten Labuhanbatu Propinsi Sumatera Utara menggunakan tanah berwarna kehitam-hitaman mirip tanah lumpur yang dikeruk dengan beckho dari parit jalan yang berada dikedua badan jalan jadi bahan perbincangan.

Seperti yang dikatakan, Edy Shaputra aktivis pesisir pantai Labuhanbatu kepada wartawan menyebutkan, Rabu (19/10/2020)"Kalau melihat cara pengerjaannya, mirip pekerjaan cuci parit, ternyata pembangunan bahu jalan" ujarnya.

Sedangkan tanah yang dijadikan menimbun bahu jalan berasal dari kedua sisi badan jalan.Tanah diambil atau dikeruk dari dikedua sisi badan jalan dengan alat berat/Becho.

"Saya belum melihat adanya tanah timbun atau tanah urug berwarna merah yang dijadikan menimbun bahu jalan itu. Lihat saja kondisi bahu jalan itu sesudah kering" ujarnya sambil menghunjuk kearah bahu jalan.
Dipapan plank proyek disebutkan, nama pekerjaan pembangunan bahu jalan."Saya tidak mengetahui bagaimana spesifikasi proyek maupun metode pengerjaan pembangunan bahu jalan. Yang menjadi pertanyaan, apakah pembangunan bahu jalan yang  menggunakan tanah timbunan dari tanah setempat sudah sesuai dengan spesifikasi pekerjaan?" tanya Edi

Lain lagi yang dikatakan Nelson B Manalu ST Direktur Eksekutif Lentera Rakyat Institute yang dimintai tanggapannya menyebutkan, Kamis (20/10/2022), Tidak semua tanah bisa dijadikan tanah timbun, apa lagi digunakan untuk meninggikan bahu jalan."Tidak semua tanah bagus untuk menimbun bahu jalan. Sepengetahuanku, salah satu kriteria tanah timbun yang bagus adalah tanah urug berwarna merah berbatu" ujar Manalu

Seharusnya pihak pengawas proyek mengawasi pekerjaan ini setiap material yang masuk ke lokasi proyek dimaksud. "Pihak pengawas maupun konsultan proyek berhak menolak material yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis" tegas Nelson

Dari pantauan wartawan dilokasi proyek pembangunan bahu itu, Rabu, (19/10/2022), dibeberapa titik bahu jalan yang sudah ditimbun pada ruas jalan tersebut, banyak yang sudah ditumbuhi rumput liar.Bahkan pohon pisang juga tumbuh subur diatas bahu jalan yang baru ditimbun.

Terlihat, tanah yang berada dibahu jalan itu, retak-retak seperti tanah disawah yang mengalami kekeringan. Ada pula bahu jalan yang sudah ditutupi oleh rumput liar yang tumbuh subur.

Bahkan masih ada bekas roda truk yang amblas dibahu jalan yang sudah ditimbun.

Dipapan plank merk proyek, dituliskan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu.Jenis pekerjaan pembangunan bahu jalan ruas Sei Rakyat-Labuhanbilik-Sei Berombang Kecamatan Panai Hilir, nilai kontrak Rp 1.176.700.000 dan sumber dana APBD Tahun Anggaran 2022. Pelaksana CV Rizky Pratiwi.Sedangkan dimulai pengerjaan 2022 dan selesai 2022 tanpa menuliskan tanggal maupun bulan dimulai dan selesai, (ACD).

Posting Komentar

0 Komentar